Informasi Kabar Terupdate PPDB 2020 di Indonesia
Informasi Kabar Terupdate PPDB 2020 di Indonesia

Informasi Kabar Terupdate PPDB 2020 di Indonesia

Posted on

Informasi Kabar Terupdate PPDB 2020 di Indonesia. Sejumlah calon siswa pun telah mulai berbondong-bondong untuk mencari sekolah-sekolah sesuai dengan jenjang yang akan mereka masuki. Sebagai orang tua, tentu menginginkan agar putra dan putrinya dapat memasuki sekolah-sekolah sesuai dengan keinginan mereka agar dapat memudahkan proses belajar-mengajar.

Namun nyatanya, hampir setiap momen Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDP) sering muncul protes dari berbagai Calon Wali Murid. Protes yang menjadi bahan keberatan dari para calon wali murid antara lain dikarenakan oleh isu pembatasan siswa yang didasarkan pada zonasi dan juga usia calon pendaftar yang terjadi pada semua jenjang pendidikan mulai dari TK hingga SMA atau sederajat.

Informasi Kabar Terupdate PPDB 2020 di Indonesia

Terkait isu pembatasan usia calon siswa yang menjadi ganjalan ini telah diprotes oleh banyak calon wali murid di sejumlah daerah. Salah satu wilayah daerah yang mendapat protes dari calon wali murid adalah DKI Jakarta. Terkait dengan masalah pembatasan usia ini, menurut informasi kabar terbaru Dinas Pendidikan Provinsi Jakarta akan mengubah aturan terkait PPDB tersebut.

Perubahan aturan tersebut akan mencakup penambahan kuota jalur zonasi yang sebelumnya 40 persen menjadi 50 persen. Selain itu terkait dengan pembatasan usia calon siswa yang memprioritaskan calon siswa yang lebih tua akan disiasati dengan melakukan penambahan kuota siswa kelas yang sebelumnya 36 menjadi 40 siswa untuk tiap kelas.

Penyelesaian terkait penambahan kuota siswa tiap kelas ini merupakan penyelesaian jangka pendek yang digunakan untuk mengatasi masalah isu pembatasan usia calon siswa. Sementara itu untuk solusi jangka panjang diperlukan penambahan kelas agar dapat menampung lebih banyak calon siswa sesuai dengan proses PPDB yang berjalan.

READ  Cara Mudah Pakai Whatsapp Web Untuk Video Call Bersama 50 Orang

Informasi Terupdate PPDB 2020

Informasi Kabar Terupdate PPDB 2020 di Indonesia memang tidak lepas dari isu permasalahan dan juga sorotan dari para calon wali murid. Di Provinsi Jawa Tengah, proses PPDB menjadi sorotan dari Pusat Telaah Dan Informasi Regional (Pattiro). Hal ini dikarenakan salah satunya adalah masalah zonasi minimal 50 persen nyatanya dilapangan hanya mampu menampung sedikit siswa dengan jarak terdekat ke sekolah.

Informasi berita terkini terkait dengan masalah PPDB nyatanya masih terus berlanjut dan banyak dimuncul disejumlah wilayah. Provinsi Jawa Barat pun tak luput dari adanya kisruh dan masalah terkait dengan proses PPDB yang tengah berjalan.

Setelah sebelumnya dihebohkan dengan adanya Katebelece atau surat pendek berisi titipan dari salah seorang anggota legistaltif Provinsi. Surat pendek itu berisi titipan permintaan dari salah seorang warga agar anaknya dapat diterima di SMKN 4 Kota Bandung. Setelah surat tersebot menjadi heboh di media masa. Pengirim yang bersangkutan pun kemudian meminta maaf kepada Kadisdik Jawa Barat dan meminta suratnya diabaikan.

Kabar berita terkini terkait PPDB

Di luar Pulau Jawa, kabar berita terkini terkait PPDB pun tak luput dari adanya isu masalah pelanggaran. Di Kota Padang, sistem PPDB menjadi masalah pada saat proses pendaftaran dilakukan secara daring dan juga sistem pembatasan usia yang terkesan merugikan para calon siswa.

Berita terkini tentang adanya isu dan masalah PPDB sejatinya bukanlah hal baru di Indonesia. Masalah PPDB yang muncul hampir setiap tahun, sejatinya tidak terlalu berbeda jauh dengan masalah-masalah pada tahun sebelumnya. Adanya kisruh dan juga isu masalah terkait dengan proses PPDB ini seharusnya menjadi bahan evaluasi semua pihak. Agar tahun-tahun berikutnya proses PPDB bisa berjalan dengan lancar dan juga minim isu permasalahan.

READ  Berita Terbaru Tata Cara Daftar Ulang PPDB Juli 2020 yang Wajib Diketahui!

Penutup

Demikianlah Kabar Terupdate PPDB 2020 di Indonesia. Beberapa wilayah seperti Provinsi Jawa Barat akan mengumumkan Penerimaan PPDB pada hari ini. Sedangkan untuk Provinsi DKI Jakarta, hari ini adalah hari terakhir proses PPDB. Proses pelayanan pendaftaran dan juga informasi sekolah baik dari jenjang SD hingga SMA atau sederajat juga berakhir. Setelah tutup dan sekaligus akan dilanjutkan dengan proses pengumuman daftar siswa yang lolos PPDB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *