Berita Terbaru Tata Cara Daftar Ulang PPDB Juli 2020
Berita Terbaru Tata Cara Daftar Ulang PPDB Juli 2020

Berita Terbaru Tata Cara Daftar Ulang PPDB Juli 2020 yang Wajib Diketahui!

Posted on

Cara Daftar Ulang PPDB Juli 2020. PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) akhir-akhir ini cukup menjadi bahan perbincangan, mulai dari kebijakan terkait PPDB yang menuai banyak kritik dari orang tua/wali calon peserta didik, karena terkesan begitu ribet dan tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Proses Pendaftaran dari awal sebagian masih ada yang keliru apalagi ketika berlanjut pada tahap pendaftaran ulang. Hal ini perlu kita soroti supaya kendala terkait pendaftaran tidak terulang lagi.

Daftar ulang merupakan bagian dari syarat kegiatan pendaftaran yang biasa diterapkan sekolah-sekolah maupun PTKIN. Biasanya, daftar ulang ini dilakukan setelah proses pendaftaran selesai sampai pengumuman hasil seleksi.

Tata Cara Daftar Ulang PPDB Juli 2020 yang Wajib Diketahui!

Kegiatan ini sebenarnya gampang sekali langkah-langkahnya, hanya saja rinciannya yang begitu banyak. Jadi, calon peserta didik baru tidak perlu khawatir akan kesulitan. Lagi pula sekarang informasi prosedur daftar ulang mudah sekali ditemukan di berbagai media, khususnya di laman ini.

Berita terbaru tata cara daftar ulang PPDB Juli 2020 akan kami sajikan dalam artikel ini. Anda akan dibantu untuk melakukan daftar ulang di sekolah yang sudah Anda pilih. Berikut ini tata cara daftar ulang PPDB ter-update yang bisa Anda coba:

Masuk pada Menu Daftar Ulang di Laman PPDB Online

Sebagian besar daerah sudah tergabung dengan sistem PPDB online. Untuk melakukan pendaftaran tentu sangat mudah dilakukan begitupun ketika melakukan daftar ulang. Masuk pada menu daftar ulang ini dimulai dengan membuka laman sekolah yang calon peserta didik baru. Di sana calon peserta didik akan menemukan menu daftar ulang. Klik menu tersebut, maka secara otomatis calon peserta didik akan masuk pada daftar nama yang berisi nomor urut. Cari nomor urut calon peserta didik yang bersangkutan, jika calon peserta didik sudah dinyatakan diterima, catat nomor urut tersebut kemudian pilih ikon ‘Selanjutnya’.

READ  Cara Mudah Pakai Whatsapp Web Untuk Video Call Bersama 50 Orang

Berhasil klik ikon ‘Selanjutnya’ menu penjelasan umum dan berkas-berkas yang disediakan panitia sekolah yang dipilih akan tampil untuk memudahkan kegiatan pendaftaran ulang.

Unduh dan Cetak File PDF Daftar Ulang PPDB

Di tampilan laman yang terdiri dari dua menu tersebut, pilih Format Berkas Daftar lalu klik ikon unduh atau download untuk mengunduh format perlengkapan berkas daftar ulang (PDF). Pastikan unduhan berhasil, jangan sampai ada berkas yang tidak berhasil terunduh. Selesai mengunduh, cetak file PDF daftar ulang dan isilah sesuai dengan panduan yang ada. Klik tombol selanjutnya, calon peserta didik baru kemudian akan diarahkan pada langkah daftar ulang berikutnya.

Isi Biodata Calon Peserta Didik pada Formulir Online Daftar Ulang PPDB

Dalam berita terkini tata cara daftar ulang PPDB Juli 2020 calon peserta didik diharuskan untuk mengisi biodata secara online di laman situs yang disediakan oleh sekolah masing-masing.
Setelah sebelumnya mengetuk ikon selanjutnya, secara otomatis calon peserta didik akan diarahkan pada menu Pengisian Biodata Peserta Didik Baru. Pilih opsi Program Keahlian sekaligus nomor urut setelah diterima. Kemudian klik tombol ‘Selanjutnya’.

Anda akan disuguhkan tampilan laman dengan beberapa ajuan mengenai informasi pribadi calon peserta didik baru. Mulai dari nama, nomor urut, tempat tanggal lahir, alumni dan lain sebagainya. Calon peserta didik harus mengisi dengan benar biodata tersebut dan jangan sampai ada satu atau beberapa kolom yang dikosongi. Nah, ketika calon peserta didik baru sudah berhasil mengisi biodata ketuk ikon selanjutnya untuk beralih ke langkah daftar ulang selanjutnya

Mengisi Menu Pernyataan Kesanggupan Hadir dalam Rapat Komite Sekolah

Berhasil melalui tahap cek data yang sudah terisi di langkah-langkah daftar ulang sebelumnya dan sudah mengetuk contreng ‘SETUJU’ untuk dikirim ke sekolah, kabar berita terkini tata cara daftar ulang PPDB Juli 2020 harus melalui kehadiran dalam forum rapat komite sekolah untuk menyampaikan beberapa hal penting terkait calon peserta didik baru.
Isilah menu tersebut dengan ajuan data yang diminta. Misalnya, identitas orang tua wali dan pernyataan kesetujuan untuk hadir pada rapat komite sekolah yang mau diadakan khusus oleh sekolah. Setelah selesai diisi kirim data tersebut dengan cara klik ikon ‘Kirim’.

READ  Informasi Kabar Terupdate PPDB 2020 di Indonesia

Berhasil terkirim pengisian biodata yang sudah calon perserta didik baru isi. Beberapa saat setelah terkirim akan muncul notifikasi “Telah Diterima sebagai PESERTA DIDIK BARU Tahun Ajaran 2020-2021”.

Kumpulkan Berkas Daftar Ulang PPDB yang Sudah Calon Peserta Didik Unduh dan Cetak di Tahap Sebelumnya

Tahap terakhir daftar ulang PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) adalah pengumpulan berkas-berkas yang sudah diunduh dan cetak di tahap sebelumnya. Pelaksanaan langkah ini dimulai dengan pencatatan kembali terkait pendaftaran ulang. Pencatatan ini dilakukan dengan menyiapkan seluruh berkas yang diperlukan untuk daftar ulang calon peserta didik baru sesuai dengan ceklist berkas yang diajukan pada menu unduhan dokumen sebelum calon peserta didik baru mengisi biodatanya.

Dalam berita ter-update tata cara daftar ulang PPDB Juli 2020 calon peserta didik setelah berhasil melakukan tahap-tahap di atas diwajibkan untu datang ke sekolah dengan membawa berkas daftar ulang tersebut. Masukkan berkas daftar ulang pada sebuah amplop atau map supaya lebib sopan dan rapi.

Dalam pengumpulan berkas daftar ulang ini, kedatangan calon peserta didik baru ke sekolah biasanya di jadwal supaya tidak antre terlalu lama. Pastikan calon peserta didik baru datang ke sekolah sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Jurusan kadang menjadi indikator jadwal kehadiran. Karena biasanya kebanyakan sekolah melakukan inisiatif tersebut untuk lebih adil dan teraturnya proses PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru)

Tata Cara Daftar Ulang PPDB Masing-Masing Sekolah

Sekolah-sekolah umumnya menerapkan beberapa syarat dan tata cara berbeda yang tidak terduga sebelumnya. Dipengaruhi dari kondisi lembaga atau pimpinan lembaga sekolah daerah calon peserta didik. Hal ini tidak perlu calon peserta didik atau orang tua calon peserta didik khawatirkan sebab sekolah kebanyakan memiliki situs untuk sekolahnya. Umumnya calon peserta didik cukup berpegangan pada tata cara ini. Karena tidak jauh berbeda dari beberapa pengalaman dan refrensi yang penulis dapat dari media informasi di sekolah-sekolah yang sedang menerima peserta didik baru bulan Juli ini.

READ  Informasi Kabar Terupdate PPDB 2020 di Indonesia

Walaupun proses daftar ulang ini relatif cukup ribet di hadapan calon peserta didik. Sebenarnya proses ini jika sudah biasa dilakukan dari jenjang ke jenjang biasanya akan terasa lebih mudah alias bagi calon peserta didik yang sudah pengalaman melakukan pendaftaran sekolah sebelum-sebelumnya.

Penutup

Tata cara daftar ulang di atas bisa calon peserta didik aplikasikan pada saat pendaftaran ulang. Lakukan langkah-langkah di atas dengan baik dan runtun. Berita ter-update tata cara daftar ulang PPDB Juli 2020 ini valid dan bisa dengan mudah calon peserta didik pahami. Jika masih terdapat ketidakpahaman bisa mencari informasi tata cara daftar ulang PPDB ( Penerimaan Peserta Didik Baru) terkini yang lain. Pastikan calon peserta didik Anda terdaftar di sekolah impiannya.

One thought on “Berita Terbaru Tata Cara Daftar Ulang PPDB Juli 2020 yang Wajib Diketahui!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *