Intermittent Fasting : Diet Puasa yang Benar dan Berhasil
Intermittent Fasting : Diet Puasa yang Benar dan Berhasil

Intermittent Fasting : Diet Puasa yang Benar dan Berhasil

Posted on

Intermittent Fasting : Diet Puasa yang Benar dan Berhasil. Bagi Anda yang sudah mencoba beragam cara untuk bisa menurunkan berat badan, mungkin merasa bosan apabila segala usaha tersebut tidak menuai hasil yang maksimal. Padahal mulai dari diet rendah lemak, diet mayo, diet nasi hingga diet food combining telah tuntas Anda lakukan semua, namun tetap saja berat badan Anda tidak berkurang banyak.

Intermittent Fasting : Diet Puasa yang Benar dan Berhasil

Perasaan kesal, bosan, marah, stress dan putus asa karena tidak bisa mengurangi berat badan, mungkin bisa jadi momok yang lebih menakutkan dari sekedar penurunan berat badan itu sendiri. Terlebih lagi dunia media sosial Anda mungkin kurang bersahabat, sehingga beragam cemoohan, bullying, selalu Anda dapatkan setiap hari.
Sebenarnya Anda tidak perlu menyerah dengan program diet yang Anda lakukan. Karena ketika satu program diet yang Anda lakukan kurang berhasil, maka tak ada salahnya mencoba program diet yang lain. Salah satu program diet yang tren saat ini adalah intermittent fasting. berikut ulasannya.

Pengertian intermittent fasting

Intermittent fasting adalah sebuah pola yang terbentuk karena adanya siklus makan rutin yang terjadi antara puasa dan makan. Artinya orang yang melakukan diet ini, ia mengatur jadwal makannya di antara puasa dan makan. Cara ini dimaksud agar sel tubuh dapat beristirahat dan melakukan banyak perbaikan.

Penelitian tentang intermittent fasting ini sebenarnya telah berlangsung sejak tahun 1997, dan telah terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Sebagai contoh, Anda yang membatasi asupan kalori saat intermittent fasting, maka itu berarti Anda sudah mengurangi produksi radikal bebas dalam tubuh.

Pengertian Intermittent Fasting

Beberapa menu diet intermittent fasting yang sering direkomendasikan adalah buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan gandum utuh. Selain itu, makanan berglikemik rendah seperti salad dengan protein, protein dengan sayuran panggang dan telur dengan alpukat, bisa juga menjadi pilihan menu.

READ  Tips Membeli Lantai Parket ala Prorumah.com

Walau begitu tetap perhatikan porsi makan, batasi asupan karbohidrat dan jangan langsung menyantap makanan dalam porsi banyak ketika berbuka. Hal ini untuk menghindari masalah pencernaan pada perut Anda.
Selain memperhatikan menu diet, Anda juga harus memperhatikan beberapa faktor atau kesalahan intermittent fasting. Karena kesalahan-kesalahan tersebut dapat menyebabkan gagalnya diet yang Anda lakukan.

Kesalahan Intermittent Fasting

Beberapa kesalahan tersebut adalah salah dalam memilih waktu atau durasi antara puasa dan makan, salah dalam memilih jenis makanan, terlalu sedikit atau banyak makan dan tidak sabar dalam mencapai target.
Adapun contoh diet intermittent fasting terbagi dalam beberapa cara, antara lain, pertama, 16/8 artinya Anda harus membatasi asupan makanan selama 8 jam dan berpuasa selama 16 jam.

Kedua, makan-berhenti-makan maksudnya adalah selama selama 24 jam berpuasa. Satu atau dua kali dalam seminggu Anda tidak makan malam 1 hari hingga makan malam besok harinya. Ketiga, diet 5:2 adalah Anda harus membatasi konsumsi kalori sebanyak 500-600 kali dua hari dan Anda bisa makan secara normal selama lima hari sisanya.

Jadwal Intermittent Fasting

Untuk jadwal intermittent fasting sendiri. bagi Anda yang tidak terbiasa melakukan puasa mungkin akan membingungkan. Namun, percayalah ini akan mudah dilakukan jika Anda punya niat yang kuat.
Dalam menjalankan diet ini, Anda hanya perlu berhenti makan selama kurang lebih 16 jam. Makan selama satu sampai delapan jam sehari. Untuk jadwal makan ini, Anda bisa membagi jadwal makan selama 2 kali makan saja. Dan sebagai pengingat Anda bisa pasang alarm untuk kedua jam makan tersebut.

Penutup

Demikian serba serbi intermitten fasting. Intermitten fasting merupakan pola diet yang diyakini banyak orang saat ini sebagai pola diet yang benar dan sukses. Apakah Anda mau mencobanya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *